BLANTERWISDOM101

Mending Tak Usah Ada Kerja Kelompok

Sabtu, 16 November 2019

Adakah manfaatnya?

pexels.com/fauxels


Postulis.com - Pernah tidak sih kamu berpikir kenapa harus ada tugas kelompok?

Mungkin tujuan diadakannya adalah agar para siswa bisa saling bekerja sama di dalam sebuah tim untuk menyelesaikan tugas tersebut, yang disebut kerja kelompok. Namun, tujuan tersebut nampaknya belum benar-benar berjalan efektif dan efisien saat dilangsungkan, alias masih fiktif. Apalagi di dalam kelas. Kalau sudah begitu, mending tak usah ada kerja kelompok.

Tapi, kok bisa sih?

Ya bisa saja. Sebab, di dalam setiap kelompok pasti ada saja orang yang tidak mau direpotkan sama sekali, alias tidak bisa diajak bekerja sama. Lalu anggota yang lain bisa saja mengikutinya. 

Padahal kerja kelompok itu sama halnya seperti di organisasi. Di dalam kelompok juga ada pembagian tugasnya. Misal ada anggota yang mengerjakan bagian a, bagian b, ataupun bagian c. Juga ada dua pengklasifikasiannya. Yaitu yang membantu secara langsung dan tidak langsung.

Bagi yang dirasa tidak bisa atau belum mampu menguasai yang ditugaskan, maka masih bisa membantu dalam hal finansial (tidak langsung). Dengan begitu, maka kerja sama di dalam kelompok tetap tercipta.

Namun, pasti ada saja orang yang menyumbangkan tenaga tidak mau dengan alasan belum menguasai, lalu membantu finansial juga ogah-ogahan. Tetapi namanya tetap mau dicantumkan sebagai anggota kelompok. Ah, rasanya ingin ditenggelamkan saja.

Mungkin satu atau dua orang masih bisa diusahakan, tetapi kalau ada lebih dari satu orang yang berlaku seperti itu di dalam satu kelompok? Wah tentu merepotkan bukan. Kalau tugasnya tidak terlalu berat sih, bukan masalah.

Bersyukur jika itu bukan kamu.

Ya, meski begitu, tugas kelompok adalah salah satu metode pembelajaran yang mulia di dalam kelas. Sebab bisa berperan sebagai alat untuk bekerja sama bagi mereka yang tidak ikut berorganisasi di sekolahnya. Dan sepertinya, kalau semua tugas sekolah dikerjakan secara berkelompok, bukankah terasa lebih menyenangkan?

Maka, untuk mewujudkan kesenangan di dalam pembelajaran, berpartisipasilah kamu di dalam tugas kelompok tersebut. You can do it, guys!
Share This :

0 komentar