BLANTERWISDOM101

BumiKorea.Com, Website Belajar Bahasa Korea Paling Komplit

Rabu, 27 November 2019
Postulis.com - Dunia pendidikan saat ini semakin bertambah maju. Kondisi tersebut dibuktikan dengan masuknya pelajaran bahasa asing baru selain bahasa Inggris, yaitu bahasa Korea.

Mata pelajaran tersebut sudah masuk ke kurikulum sejak tiga tahun yang lalu. Diawali untuk mata pelajaran di sekolah lanjut tingkat atas, baik SMA, SMK, maupun MA. Kemungkinan juga akan ditambahkan untuk kurikulum jenjang sekolah menengah pertama.

Hal tersebut tentu banyak membawa pengaruh baik untuk pelajar di Indonesia yang berkeinginan untuk keliling dunia, terutama ke Korea. Apalagi bahasa Korea diproyeksikan untuk menjadi bahasa internasional. Tidak mau bukan jika berkomunikasi dengan orang asing hanya dengan bahasa isyarata?

Ya, itu memang sangat menguntungkan bagi yang statusnya masih pelajar tingkat atas, terutama di kota besar, sebab bisa mempelajari bahasa asing tanpa perlu les tambahan, yang tentu membutuhkan biaya. Tetapi, bagi kamu yang sudah lulus sekolah, atau yang di sekolahnya belum mendapat mapel tersebut, kamu tetap bisa mempelajari bahasa korea dengan akses yang sangat mudah.

Bagaimana caranya? Kamu cukup mempersiapkan kuota dan gadgetmu. Karena kamu akan belajar di sebuah website yang bernama BumiKorea.com

Di sana kamu bisa mempelajari banyak tentang bahasa Korea. Mulai dari bagian yang paling mendasar, sampai diajari bercakap-cakap menggunakan bahasa Korea.

Belajar di sana sangat mudah, sebab tersedia menu navigasi yang cukup banyak, karena bukan hanya satu atau dua, tetapi ada 11 menu. Bukan hanya banyak, menu-menu tersebut juga didikung dengan proses load yang cepat. Meski susunannya masih "berantakan".

11 menu navigasinya adalah sebagai berikut:

1. Forum
Sesuai dengan judulnya, saat kamu memilih menu tersebut, maka kamu akan dibawa ke grup Facebook Bumi Korea untuk bergabung. Di sana kamu bisa berdiskusi dengan semua anggotanya.

2. Hangeul
Pada menu ini, kamu akan mempelajari hal yang paling mendasar. Yaitu pengenalan huruf-huruf bahasa Korea, yang disebut dengan Han-geul. 

3. Angka
Di menu ini kamu akan mengenal angka-angka dalam penyebutan bahasa Korea. Seperti angka operasi hitung, angka jam, dan angka bilangan Sino.

4. Tata Bahasa
Pada menu yang satu ini, kamu akan dibimbing untuk mengetahui dan memahami struktur penulisan kalimat dalam bahasa Korea yang baik dan benar. Hal tersebut sangat penting, sebab jika penataan bahasanya tidak baik maka akan sulit untuk dipahami dan menimbulkan makna ganda.

5. Kosa Kata
Di menu tersebut kamu akan mempelajari tentang berbagai kata benda, lawan kata (antonim), dan persamaan kata (sinonim) dalam bahasa Korea.

6. Percakapan
Setelah kamu mengetahui huruf-huruf dalam bahasa Korea, angka-angka Korea, Tata Bahasa Korea, dan Kosa katanya, kamu akan dibimbing untuk bisa bercakap-cakap dengan bahasa Korea. Percakapannya meliputi percakapan umum dan hanya dalam beberapa topik saja. Seperti topik liburan, tanda petunjuk (rambu), dan kesukaan.

7. Budaya
Selanjutnya, supaya kamu tambah semangat belajar bahasa Korea, kamu akan diajak untuk mengenal tentang budaya Korea. Tetapi, di menu tersebut baru membahas satu budaya, yaitu musim di Korea. Mungkin ke depannya akan banyak lagi yang dibahas di sana.

8. Wisata
Nah, jika tujuan awalmu ingin mempelajari bahasa Korea karena suka pelesiran, dan Korea adalah tujuanmu. Maka kamu akan lebih semangat belajarnya sebab di sana dibahas juga tentang destinasi wisata di Korea.

9. Kuliner
Sayangnya, di menu ini belum terdapat pembahasan apapun. Padahal yang membuat tambah asyik untuk belajar itu saat ada pembahasan tentang makanan bukan?

10. Info
Di menu ini kamu bisa membaca mengenai info umum. Tetapi, baru ada satu info yang tersedia. Yaitu informasi tentang peluang kerja di Korea Selatan.

11. EPS-Topik
Di menu terakhir ini, kamu bisa melakukan simulasi ujian bahasa Korea. Soal-soalnya seputar yang sudah dipelajari di blog tersebut.

Dengan 11 menu navigasi yang ditawarkan blog tersebut, menggiring kita untuk langsung berekspetasi bahwa itu adalah website belajar bahasa Korea paling komplit. Ekspetasi kita memang sudah 80% terpenuhi, hanya saja ada beberapa menu yang seharusnya terisi namun masih kosong. Hal tersebut tentu saja sangat disayangkan.

Meski begitu, sejauh ini, website tersebut sudah banyak membantu saya dalam mengerjakan tugas bahasa Korea dari guru di sekolah. Semua yang saya butuhkan benar-benar tersedia di sana.

Jadi, bagi kamu yang mau dan tertarik mempelajari bahasa asing yang satu ini, maka BumiKorea.com adalah pilihan yang tepat.

Temukan tulisan menarik lainnya di sini.
Share This :

0 komentar