BLANTERWISDOM101

Mari Cuan Tiap Hari sembari Update Berita Terkini di IDN App

Senin, 27 Juli 2020

Ngaku kaum millennials tapi belum download aplikasi IDN App? Mending kamu coba dulu deh, search di Playstore atau Appstore kamu dengan keyword IDN App, lihat-lihat dulu deskripsinya. Dijamin kamu bakal suka deh nantinya.
Saya kenalan dengan IDN App The Voice of Millennials and Gen Z itu pas lagi mencari-cari aplikasi yang bisa menambah penghasilan melalui tulisan. Nah, muncullah aplikasi baca berita itu. 

Sebagai bagian dari kaum millennials, saya kepo dong. Saya pedekate-in si IDN App itu. Sampai akhirnya, saya berhasil jadian dengan dia (ketawa nakal).

IDN App bukan sekadar aplikasi baca berita


Gambaran umumnya, IDN App itu bukan hanya aplikasi berita terkini. IDN App lebih dari itu karena kamu bisa membaca tips dan trik juga tanya-jawab dengan sesama member IDN App.

Selain itu, sebagai user, kamu juga bisa menulis di kanal Community-nya. Nah, dari kanal itulah kamu bisa menambah penghasilan. 

Kalau artikel kamu lolos moderasi dan dibaca jutaan orang, kamu bakal dapat banyak poin. Poin-poin itu nantinya bisa di-reedem menjadi uang. Lumayan 'kan uangnya untuk beli paket internet biar tetap bisa video call-an sama doi, nge-zoom bareng dosen, atau presentasi dengan klien. Istilah gaulnya, kamu bisa dapat cuan hanya dengan rebahan. Sepakat?

Sambil rebahan dapat cuan di IDN App


IDN App juga bisa jadi jalan untuk menghasilkan duit. Gimana caranya? Mudah. Kamu hanya perlu submit artikel, lalu tunggu dimoderasi sampai terbit. Waktu moderasi tergantung artikel kamu dan berbeda-beda setiap penulis, tapi biasanya seminggu (atau dua minggu). 

Saran: kalau sudah lebih dari seminggu tapi belum ada kabar alias masih digantung, kamu bisa follow up artikel dengan cara mengirim ulang, atau kamu bisa kirim artikel tersebut ke media lain dan/atau media kamu sendiri (blog pribadi).


Yang jelas, para editor nggak membeda-bedakan antara penulis lama dan penulis baru. Yang harus kamu perhatikan dalam membuat artikel adalah pemilihan judul dan topik pembahasan. Semakin menarik judul artikel dan semakin pentingnya topik tersebut untuk dibahas, maka bakal semakin cepat artikel kamu dimoderasi oleh tim editor. 

Namun menurut saya, first impression tim editor dalam memilih artikel mana yang mau dimoderasi adalah pada judulnya, lalu dilanjut untuk melihat pembahasannya. Ya pendek kata, judul itu sebagai media untuk cari perhatian (baca: caper). Jadi, saran saya maksimalkan di judul dengan nggak mengesampingkan bobot pembahasan.

Berapa banyak duit yang kita dapat kalau menulis di IDN App?


Nah, IDN App ini menggunakan poin sebagai mata uang di dalam aplikasi, tapi nanti bisa di-reedem (diuangkan). 

Setiap artikel terbit kamu dibaca 100 kali, maka kamu bakal dapat 1 poin. Kamu mulai bisa reedem kalau poin kamu sudah mencapai 500 poin, atau setara 50.000 kali baca (views) dan kalau dirupiahkan senilai Rp. 50.000,- Tenang, jangkauan pembaca IDN App sudah luas, jadi kamu nggak perlu risau bakal susah untuk mendapatkan banyak views, apalagi kalau artikel kamu menarik.

Sebelum lanjut, lap dulu ya mulut kamu kalau ngeces (peace).

Kalau kamu tertarik dan ingin mencobanya, biar kamu nggak bingung, saya bakal menuntun kamu ke pelaminan gimana cara menggunakannya. Mulai dari download aplikasi IDN App sampai kamu bisa eksis sembari dapat cuan.

Tuntunan berikut akan dibagi jadi 3 bagian, yaitu cara download, cara daftar member, dan cara menggunakan. Tenang, semua bisa dilakukan dengan mudah tanpa syarat yang neko-neko, karena sesuai dengan motto hidup kaum millennials:

Hidup jangan dibikin susah, yang susah-susah buang saja!
 

1. Cara Download IDN App


IDN App ini hadir untuk kaum millennials, meski begitu bukan berarti emak-emak dan bapak-bapak nggak boleh download aplikasi IDN App juga, ya. Boleh, kok. Boleh banget malah supaya mereka bisa ikut merasakan menjadi kaum milenial. 

Dengan mengunduh IDN App di ponsel pintar kamu, dijamin kamu nggak bakal ketinggalan informasi tips dan trik kece, tanya-jawab seputar apa saja, dan berita terkini.

Caranya seperti yang sudah sangat jelas diilustrasikan poster di atas. Kalau paketan kamu lagi habis, boleh kok menumpang hotspot teman, gebetan, pacar, atau wi-fi tetangga, karena IDN App ini ukurannya hanya 8,6 MB, loh. Ringan banget kan? Dijamin nggak bakal menghabiskan banyak kuota internet dan memori perangkat kamu, deh.

Setelah dapat hotspot, langsung ke store apps kamu. Jangan melipir ke Youtube dulu. Keburu habis nanti kuotanya.

Cara download aplikasi IDN App:


1. klik di sini untuk pengguna android dan di sini untuk pengguna IOS,
2. cari kata kunci "IDN App", "IDN Times", "IDN - Berita Terlengkap", atau "#AdadiIDN",
3. klik unduh/pasang/install/download,
4. tunggu 1 menit, lalu
5. jalankan/luncurkan/buka.
Selesai!

Review IDN App: Halaman Introduction-nya Nyegerin Banget


Begitulah tampilan awal interface dari IDN App setelah kamu meluncurkan aplikasinya. Di menu tersebut kamu dikenalkan tentang IDN App. Di sana kamu bisa membuktikan bahwa apa yang saya singgung sejak awal adalah benar. Ya iyalah, kan elu udah nyoba, Bambang!  (ketawa puas)

Di IDN App kamu bisa menanyakan tentang sesuatu yang bakal dijawab sama member lain, dan kamu juga bisa menjawab pertanyaan member lain. 

Selain itu kamu juga bisa menulis artikel dan mendapatkan jutaan rupiah. Lalu kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca konten yang kamu banget.

2. Cara Daftar Member IDN App


Nah, kalau saya baca-baca pada review IDN App di Playstore, di bagian pendaftaran inilah yang paling banyak mendapat komentar negatif, bahkan satu bintang. Sebenarnya saya agak nggak setuju, sebab saya nggak mengalami kendala separah mereka, padahal sampai 3 kali daftar loh. Alhamdulillah (mengelus dada).

Kamu tinggal mengikuti arahan dari program aplikasinya saja. Saya rangkum ada 4 arahan, yaitu:

1. Log-in

Di bagian ini, IDN App menyarankan agar kamu menggunakan akun lama yang pernah kamu buat sebelumnya. Nah kalau kamu lupa password-nya, gampang. Tinggal pilih menu log-in with email, terus klik "lupa kata sandi". Nanti kamu akan diminta memasukkan alamat email, dan kode pembaruan password bakal dikirim ke email kamu.

2. Sign-up

Jika kamu benar-benar pengguna baru, kamu tinggal pilih menu "di sini" pada kalimat: Belum punya akun? Yuk daftar di sini. 
Lalu kamu bakal diarahkan mau mendaftar menggunakan akun Facebook atau akun Google. Saran saya mending gunakan akun Google, karena kamu nggak perlu mengetik alamat email dan password-nya lagi, jadi lebih simpel. Masih ingat kan motto hidup kaum millennials?

3. Masukkan nomor ponsel

Setelah pendaftaran akun terverifikasi, kamu bakal diminta memasukkan nomor ponsel, yang mana fungsinya adalah untuk memberikan pengamanan tingkat dewa terhadap akunmu. Karena kan di IDN App ada menyimpan poin yang bisa di-reedem dalam bentuk uang. Jadi, biar lebih aman ya menggunakan nomor ponsel.
Sesudah itu, kode OTP akan dikirimkan ke ponselmu, yang ada di aplikasi perpesanan. Kode OTP itu berjumlah 6 digit angka. Jangka waktu pengiriman kode OTP nggak sampai satu menit, kok.

4. Pilih topik dan selamat!

Pilih minimal tiga topik dan maksimal tujuh topik yang kamu banget dari banyak pilihan topik yang tersedia. Mulai dari lifestyle, olahraga, fiksi, inspirasi, opini, politik, dan yang lainnya. Saya jamin kamu bakal bingung dan akhirnya memilih semua topik. Tapi syukurlah kalau nggak, berarti hanya saya.

Setelah selesai memilih topik, SELAMAT! Kamu telah resmi dan legal terdaftar sebagai member di IDN App.

Tips kalau kamu gagal verifikasi nomor telepon (kode OTP)


Nah, karena saya baca banyak banget keluhan pada rating IDN App di Playstore mengenai gagalnya mendapatkan kode OTP padahal sudah berulang kali dicoba. Saya mau memberikan sedikit tips yang mungkin bisa membantu. 

1. Pastikan nomor telepon aktif
Jangan masukkan nomor ponsel yang sudah hangus masa tenggangnya, dan jangan menghidupkan mode pesawat kalau kamu sedang internetan menggunakan jaringan wi-fi.
 
2. Refresh jaringan dengan menyalakan mode pesawat
Kalau sebelumnya jaringan sudah aktif alias nggak lagi mode pesawat dan masa aktif kartu masih 50 tahun lagi, coba kamu refresh jaringan dengan cara menghidupkan mode pesawat, lalu matikan lagi.
 
3. Gunakan nomor yang lain karena mungkin nomor yang dipakai sudah pernah digunakan 
Karena saya mendaftar sebanyak 3 kali, saya pernah mengalami gagal mendapatkan kode OTP sebab nomor yang saya gunakan sudah terdaftar. Solusinya adalah gunakan nomor lain saja meski kamu merasa belum pernah mendaftar.
 
4. Hapus cache aplikasi perpesanan
Nah, kalau ketiga cara di atas masih belum berhasil mendapatkan kode OTP, coba kamu hapus cache aplikasi perpesanan di ponselmu. Bisa jadi pesan masuk tertunda akibat ukuran cache yang membengkak.

Caranya tekan dan tahan ikon aplikasi sampai mucul pop up tombol informasi aplikasi, lalu kamu klik "penyimpanan" dan terakhir pilih "hapus cache".
 

3. Cara Menggunakan IDN App


Sampailah pada tahap terakhir dari cara download aplikasi IDN App. Setelah download dan daftar akun, ya sudah tinggal kamu gunakan sebagaimana mestinya. Namun alangkah baiknya untuk melengkapi profil terlebih dahulu.

O iya, IDN App sudah mendukung dark mode, loh. Fitur yang populer belakangan ini membuat mata kamu lebih nyaman membaca berita hari ini meski di ruangan yang minim cahaya. Jadi, mata kamu bisa lebih sehat.

Nah di newsfeed itulah kamu bisa mengubah atau menambah pilihan berita. Menurut saya, IDN App membuat fitur itu untuk memenuhi kebutuhan kaum millennials yang terkenal labil (cengegesan).

Sekarang, kamu sudah paham atau masih bingung nih dengan cara download aplikasi IDN App? Kalau sudah, yuk mulai dapatkan tambahan cuan dengan tetap mendapatkan berita terkini dan tips kece melalui aplikasi berita terlengkap IDN App biar kamu makin millennials!***
Share This :

0 komentar