BLANTERWISDOM101

5 Fakta Menarik Basaksehir, Pertama Kali Juara Liga Turki?

Kamis, 25 Februari 2021

Banyak dihuni alumni Premier League



POSTULIS.COM - Istanbul Basaksehir baru saja mengukuhkan diri menjadi kampiun Liga Utama Turki setelah memenangkan laga ke-33-nya melawan Kayserispor melalui gol dari gelandang tengah mereka, Mahmut Tekdemir pada menit ke-19.

Dengan begitu, Basaksehir berhasil memutus dominasi empat klub langganan juara Liga Utama Turki, yaitu Galatasaray, Trabzonspor, Fenerbache, dan Besiktas. Selain itu, Basakseher juga memiliki 5 fakta menarik terkait keberhasilan mereka meraih gelar juara. Apa saja? Mari simak berikut ini.

1. Klub dengan rata-rata pemain paling tua di Liga Utama Turki

Menurut data dari Transfermarkt, rata-rata usia pemain mereka menyentuh angka 29,9 tahun. Dan diketahui pula bahwa terdapat 13 pemain mereka yang usianya sudah melewati kepala tiga, atau bisa dibilang di atas usia performa. Dan posisi bek adalah yang paling tua dengan rata-rata 31,43 tahun.

2. Pertama kali juara Liga Utama Turki

Klub yang bermarkas di Fatih Terim Stadium ini berhasil promosi ke Liga Utama Turki pada tahun 2014 berkat racikan strategi dari pelatih mereka, Abdullah Avici dengan status juara Liga Dua Turki.

Sebelum mereka bergabung ke liga teratas turki, jatah juara memang hanya berputar untuk 4 klub saja, tapi pada tahun ini, Basaksehir ikut mendaftar sebagai pemegang gelar Liga Utama Turki sejak 1959.

3. Dihuni beberapa pemain alumni Premier League dan pemain kelas dunia


Sebagaimana kita tahu, klub yang saat ini dilatih oleh mantan pemain timnas Turki, Okan Buruk ini dihuni pemain dengan nama besar, plus alumni Premier League. Sebut saja ada Martin Skrtel mantan pemain Liverpool yang masuk pada tahun 2019 dari Atalanta dengan status bebas transfer.

Lalu ada Gael Clichy yang merupakan mantan pemain Manchester City. Clichy direkrut pada tahun 2017 juga dengan status bebas transfer. Dilanjut dengan Demba Ba, mantan penyerang menakutkan tim Chelsea yang didatangkan pada tahun 2019 dari Shanghai Shenhua dengan status bebas transfer.

Diakhir oleh Robinbo, pemain kelas dunia yang merupakan mantan pemain Real Madrid, Manchester City, dan AC Milan. Robinho didatangkan dari klub Turki lainnya, Sivasspor pada 2019 dengan harga 2 juta euro.


4. Tampil konsisten dan meningkat sejak promosi



Selain mengejutkan karena berhasil meraih juara, rupanya perjuangan Basaksehir patut diacungi jempol. Karena sejak mereka promosi, mereka selalu mengakhiri musim dengan finisih di posisi 4 besar. Dan di tiga musim terakhir, yaitu sejak 2017 sampai 2019, mereka berhasil finisih di posisi 3, 2, 1 secara beruntun.

Hal tersebut merupakan sebuah prestasi karena tidak banyak klub yang mampu berbuat banyak setelah promosi, terakhir dilakukan oleh Leichester City pada 2015/2016, namun pada musim-musim berikutnya malah kendor.


5. Pertama kali main di UEFA Champions League


Dengan keluarnya sebagai juuara, itu berarti mereka bakal ikut serta memeriahkan pentas Champions League. Dan itu terjadi untuk pertama kalinya sejak klub mereka didirikan.

Sebenarnya mereka pernah hampir bermain di UCL pada musim lalu. Namun gagal karena dikalahkan oleh Olympiakos, klub asal Yunani dengan agregat skor 3-0 di babak kualifikasi ketiga.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari Istanbul Basaksehir FK yang mengejutkan dunia sepak bola di Eropa, terutama Turki.
Share This :

0 komentar