BLANTERWISDOM101

7 Klub Sepak Bola Dunia Bernama Ajax

Minggu, 26 Juli 2020

Sampai ke Afrika!



POSTULIS.COM - Selama ini, nama Ajax yang kita kenal adalah Ajax Amsterdam. Maklum, pasalnya tim tersebut sudah menjadi salah satu klub tersukses di Belanda dengan 34 gelar Eredivisi dan 19 gelar Piala KNVB. Mereka juga berhasil menjadi salah satu klub terkuat di Eropa dengan raihan 3 Piala Eropa dan 1 Piala UCL.

Namun, selama ini pula kita tak sadar bahwa ada 7 klub lain di dunia yang memiliki kesamaan nama dengan de Godenzonen, julukan Ajax. Mau tahu klub apa saja itu? Simak pembahasannya.

1. Rabat Ajax




Rabat Ajax Football Club adalah klub asal Malta yang sudah berdiri sejak 1930 atau sekitar 90 tahun yang lalu. Saat ini, Rabat Ajax bermain di kompetisi Maltese Second Division (Liga kasta kedua Malta) yang dilatih oleh pelatih asal Kroasia, Vesko Petrovic. Dalam melakoni laganya, Rabat Ajax bermarkas di National Stadium yang berkapasitas 700 penonton. Rabat juga berhasil meraih dua gelar Liga Utama Malta.

2. Kercem Ajax




Selain Rabat Ajax, Malta juga punya Kercem Ajax. Namun mereka berbeda liga karena Kercem bermain di Liga Utama Gozo (kompetisi klub di Pulau Gozo). Kercem Ajax didirikan 67 tahun yang lalu dan bermarkas di Kercem Stadium berkapasitas 1000 kursi. Saat ini, mereka dilatih oleh Sabri Reis dari Aljazair.

3. Lasnamae FC Ajax




Tim ini dibentuk tahun 1993 yang berbasis di Tallinn, Estonia dan bermarkas di Ajaxi Staadion yang berkapasitas 300 penonton. Lasnamae FC Ajax sedang berlaga di Divisi Keempat Liga Estonia zona Timur/Utara. Tim ini juga dikenal dengan nama FC Ajax Tallinn atau FC Ajax Veteranid Tallinn.

4. FO Ajax Pakostov




Klub ini didirikan pada tahun 1962 dan berbasis di sebuah desa dan kota di Distrik Humenne di Daerah Presov di Slovakia timur laut. Dilansir dari f-o-ajax-pakostov.futbalnet.sk, klub ini juga memiliki tim dari berbagai jenjang, yakni klub pembinaan u-15, u-19, hingga senior.

5. Ajax Rojow




Bermarkas di Swarm yang terletak di sebuah desa di Distrik Administratif Gmina Ostrezeszow, Polandia bagian barat-tengah, klub ini didirikan pada tahun 1963. Mereka menggunakan warna putih dan merah sebagai lambang klub. Dilansir dari 90minut.pl, klub ini memiliki nama asli Rojowski Ludowy Klub Sportowy Ajax Rojów.

6. CP Ajax




Klub asal Irlandia ini sedang berlaga di kompetisi RDFL Division One 2019/2020 dan menempati posisi kelima dengan raihan 19 poin dari 14 laga. Di laga terbarunya, mereka berhasil menang dengan skor 2-0 di kandang Cam Celtic. Klub ini didirikan tahun 1978 dan bermarkas di Tarmon Castlerea.

7. Ajax Cape Town




FC Ajax Cape Town adalah klub sepakbola dari Afrika Selatan yang merupakan cabang dari AFC Ajax Amsterdam sehingga dikelola secara langsung oleh Ajax. Klub ini bermarkas di Cape Town Stadium. Dikutip dari Wikipedia, klub ini merupakan penggabungan dari klub Seven Stars dan Cape Town Spurs pada tahun 1999.

Di musim ini, mereka bercokol di posisi pertama sementara dengan 48 poin dari 24 pertandingannya di NFD League. Mereka bisa keluar sebagai juara bila mampu konsisten di 8 laga sisa. Berdasar website resminya, mereka sudah meraih empat gelar juara, yaitu MTN8 2015, Telkom Knockout 2008, Absa Cup 2007, dan Rothmans Cup 2001.

Nah, itulah beberapa klub lain di dunia yang ikut menyantumkan nama Ajax pada identitas klub mereka. Sayangnya, selain Ajax Amsterdam dan Cape Town, klub-klub tersebut tak banyak dikenal lantaran kurang berprestasi.***

Share This :

0 komentar